KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat
menyelesaikan Laporan Penelitian mengenai Koperasi ini dengan baik.
Penulis menyadari bahwa dalam
penyusunan Laporan Penelitian mengenai Koperasi ini masih banyak
kesalahan dan kekurangan. Namun berkat kesabaran dan ketelitian laporan ini
dapat diselesaikan. Sebelumnya penulis ingin mengucapkan kepada :
1.
Ibu
Lasminiasih selaku dosen softskill ekonomi koperasi
2.
Bapak
dan ibu koperasi pasar kranggan yang telah membantu menyelesaikan laporan ini.
Semoga apa yang telah di berikan, mendapatkan balasan dari
Allah SWT, sekaligus penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang
telah membantu terwujudnya tugas laporan ini. Semoga bermanfaat bagi
penulis khususnya dan pembaca pada umumnya, serta penulis menerima saran dan
kritik dari berbagai pihak yang bersifat membangun agar tercapainya
kesempurnaan tugas laporan ini, Akhir kata penulis mengucapkan Terimakasih
Bekasi, Januari 2013
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG
Laporan
penelitian Koperasi ini dibuat untuk memenuhi salah satu syarat nilai dalam
mata kuliah Ekonomi Koperasi. yang melatar-belakangi dalam pembuatan laporan
ini adalah:
·
Memenuhi
salah satu syarat nilai dalam mata kuliah Ekonomi Koperasi.
·
Melaporkan
hasil dari tugas-tugas yang telah dilaksanakan.
·
Meneliti
dan melihat secara langsung kegiatan Koperasi di Lingkungan Masyarakat.
1.2 RUANG LINGKUP
Pembatasan Ruang Lingkup penulisan Tugas
Laporan ini mencangkup :
·
Sejarah
mengenai pembentukan Koperasi Pasar Kranggan (KOPPAS)
·
Organisasi
dan sistem yang bergerak dalam Koperasi tersebut.
1.3 MAKSUD
DAN TUJUAN
Maksud dari pembuatan laporan ini
adalah untuk kita bisa mengetahui tentang kegiatan koperasi dan menambah
wawasan dan pengetahuan mengenai koperasi tersebut. Dan bisa berinteraksi
langsung dengan anggota-anggota koperasi tersebut.
1.4 WAKTU
PELAKSANAAN
Teknik pengumpulan data yang dipergunakan oleh penyusun
antara lain :
1. Observasi,
cara pengumpulan data laporan dengan mengadakan tugas pencatatan serta
penelitian secara langsung terhadap objek untuk mendapatkan data.
2. Wawancara,
mengajukan pertanyaan-pertanyaan atau tanya jawab langsung dengan pihak yang
bersangkutan.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 SEJARAH
Koperasi kranggan adalah sebuah koperasi perdagangan pasar
yang bergerak di bidang jasa yang beranggotakan sebagian besar pedagang
pasar kranggan dari masyarakat jatisampurna kota bekasi dan sekitarnya yang
mempunyai kaitan ekonomi.koopas kranggan di dirikan dengan tujuan bahwa
pedagang pasar kranggan ingin memiliki lembaga ekonomi yang di miliki oleh para
pedagang dengan harapan dapat membantu di bidang permodelan sehinggs
tercetus lah ingin membantu koperasi dengan naman “ KOPPAS KRANGGAN”.
Ketua Koppas Kranggan, Anim Imanudin mengatakan, bahwa
Koppas Kranggan didirikan sejak 12 September 1987. Saat ini asetnya mencapai Rp
26 miliar dengan 400 orang anggota dan ribuan nasabah. Koppas Kranggan bergerak
dalam bentuk simpan pinjam, bantuan permodalan, dan jual beli barang cash dan
kredit. Anim menjelaskan bahwa gedung tiga lantai yang baru saja
diresmikan merupakan aset yang diperoleh dari keuntungan koperasi."Prinsip
Koperasi adalah dari dan untuk anggota, sehingga maju atau mundurnya koperasi juga
sangat ditentukan oleh peranserta anggotanya,"
Latar belakang berdirinya koprasi ini memang karena ingin
membantu perekonomian masyarakat terutama para pedagang pasar kjranggan,
koprasi ini merupakan koprasi simpan pinjam . adapun visi dari koperasi ini
adalah memberdayakan koperasi dan pengusaha kecil sebagian pelaku ekonomi
yg di arahkan untuk menciptakan struktur ekonomi yang kuat,maju,tangguh,dan
mandiri di wilayah jatisampurna.dan misi dari koprasi ini adalah memperkokoh
gerakan ekonomi rakyat agar dapat mempercepat proses kesejahteraan rakyat.
Mitra usaha yang menguntungkan menuju anggota sejatera. Memberdayakan
koperasi agar mampu mengembangkan dirinya sendiri menjadi koperasi maju,mandiri
dan bermanfaat bagi masyarkat dan anggota.
untuk membantu usaha kecil dalam mengembangkan usahanya ,
sehingga dengan adanya koprasi ini di harapkan dapat membantu masyarakat untuk
lebih mengembangkan usahanya . koprasi ini berfungsi sebagai temat menyimpan
dan meminjam uang bagi para pedagang atau masyarakat yang ingin mendapatkan
modal , dengan menjadi anggota di koprasi ini otomatis bisa melakukan
penyimpanan atau pun peminjaman uang di koprasi ini , untuk menjadi anggota pun
ada syaratnya , yaitu dengan mengaktifkan simpanan , pinjaman yang di berikan.
Anggota
dalam kegiatannya merupakan sumber utama sebagai pelaku operasional koperasi ,
maka perlu ditingkatkan pelayanan dan kerjasama anggota.
2.2 KEGIATAN KOPERASI
Koperasi
Pasar Kranggan (KOPPAS) bergerak dalam usaha jasa yang dititik beratkan pada :
·
USP
(Usaha Simpan Pinjam)
·
Penjualan
Barang Elektronik
·
Furniture
·
Sepeda
Motor
·
Dll.
Permodalan bersumber dari simpanan anggota dari pihak
ketiga. KOPPAS kranggan dapat melayani pinjaman anggota maupun non anggota,
baik harian mingguan ataupun bulanan sehingga kegiatan operasional usaha
anggota terutama menjelang lebaran dapat berjalan dengan baik, dan ini semua
tidak mungkin dilaksanakan tanpa kepercayaan masyarakat umum.
2.3
KEANGGOTAN KOPERASI
Pengurus
sangat selektif dan hati-hati dalam menerima anggota. Keanggotaan KOPPAS
kranggan tidak disusupi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang
tujuannya hanya untuk memanfaatkan koperasi sebagai lahan yang mudah bagi
mereka. Berdasarkan AD/ART KOPPAS Kranggan yang dapat diterima menjadi anggota
KOPPAS Kranggan yaitu :
1.
Pedagang pasar aktif
2.
Memiliki kios/SPT/rumah tinggal sendiri
3.
Berdomisili tetap 2tahun
4.
Memilki KTP kec. Jatisampurna
5.
Anggota masyarakat yang memiliki
pendapatan tetap
6.
Warga Negara RI yang telah berumur 17
tahun
7.
Telah menjadi nasabah Tabungan Cempaka
dan Nasabah pinjaman sebanyak 3 kali serta dinyatakan benar.
2.4 KEPENGURUSAN /
PENGAWAS
Pengurus KOPPAS Kranggan adalah orang – orang yang terpilih
terdiri dari tiga orang pengurus harian, tiga orang pengawas, dan tiga orang
penasehat.
2.5 PENATAAN
ORGANISASI DAN SISTEM MANAJEMEN
Guna lebih menyempurnakan system manajemen koppas kranggan
telah melakukan penyempurnaan organisasi dengan cara mengangkat seorang manajer
sebagai perpanjangan tangan pengurus pelaksanaan operasial harian yang didukung
oleh internal control (pengendalian interen) yang di pantau secara tertib dan
berkesinambungan oleh pengurus / sekretaris pengurus serta di dukung penempatan
job description yang sesuai dengan keahlian masing – masing ( karyawan)
2.6 HUBUNGAN DENGAN INSTANSI TERKAIT
Hubungan
dengan instansi terkait berjalan dengan baik, hal ini terbukti bahwa instansi
tersebut telah membina Koppas Kranggan terutama di Bidang USAHA SIMPANPINJAM
sehingga kita jadi salah satu penyalur USP terbaik dan sehat di Kota Bekasi
serta mendapat predikat sebagai koperasi berprestasi ditingkat Nasioal.
2.7 PEMBAGIAN SISA HASIL USAHA
Pembagian
Sisa Hasil Usaha ( SHU ) kepada anggota telah sesuai dengan keptusan Rapat
Anggota Tahunan ( RAT ) serta berdasarakan Anggaran Dasar Koppas Kranggan.
BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Koperasi sebagai badan usaha dapat
melakukan kegiatan usahanya sendiri seperti membuka usaha dan dapat juga
bekerja sama dengan badan usaha lain, seperti perusahaan swasta maupun
perusahaan negara. Koperasi adalah kumpulan orang yang mempunyai tujuan yang
sama yaitu bisa membantu, tolong menolong antara sesama anggota maupun non
anggota. apabila tidak memiliki tujuan yang sama alhasil koperasi tersebut
tidak berjalan dengan lancar dan koperasi bukan sekumpulan modal.
SUMBER : http://koppas-kranggan.co.id/
http://www.slideshare.net/Aburafika/contoh-laporan-observasi-lapangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar