Senin, 14 Januari 2013

LAPORAN OBSERVASI KOPERASI



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah  SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan Laporan Penelitian mengenai Koperasi ini dengan baik.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Penelitian mengenai Koperasi ini masih banyak  kesalahan dan kekurangan. Namun berkat kesabaran dan ketelitian laporan ini dapat diselesaikan. Sebelumnya penulis ingin mengucapkan kepada :
1.      Ibu Lasminiasih selaku dosen softskill ekonomi koperasi
2.      Bapak dan ibu koperasi pasar kranggan yang telah membantu menyelesaikan laporan ini.                         
Semoga apa yang telah di berikan, mendapatkan balasan dari Allah SWT, sekaligus penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terwujudnya tugas laporan ini. Semoga bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya, serta penulis menerima saran dan kritik dari berbagai pihak yang bersifat membangun agar tercapainya kesempurnaan tugas laporan ini, Akhir kata penulis mengucapkan Terimakasih



Bekasi,   Januari 2013

Penulis
BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG
Laporan penelitian Koperasi ini dibuat untuk memenuhi salah satu syarat nilai dalam mata kuliah Ekonomi Koperasi. yang melatar-belakangi dalam pembuatan laporan ini adalah:
·         Memenuhi salah satu syarat nilai dalam mata kuliah Ekonomi Koperasi.
·         Melaporkan hasil dari tugas-tugas yang telah dilaksanakan.
·         Meneliti dan melihat secara langsung kegiatan Koperasi di Lingkungan Masyarakat.

1.2  RUANG LINGKUP
 Pembatasan Ruang Lingkup penulisan Tugas Laporan ini mencangkup :
·         Sejarah mengenai pembentukan Koperasi Pasar Kranggan (KOPPAS)
·         Organisasi dan sistem yang bergerak dalam Koperasi tersebut.

1.3  MAKSUD DAN TUJUAN
      Maksud dari pembuatan laporan ini adalah untuk kita bisa mengetahui tentang kegiatan koperasi dan menambah wawasan dan pengetahuan mengenai koperasi tersebut. Dan bisa berinteraksi langsung dengan anggota-anggota koperasi tersebut.

1.4  WAKTU PELAKSANAAN
Teknik pengumpulan data yang dipergunakan oleh penyusun antara lain :
1.      Observasi, cara pengumpulan data laporan dengan mengadakan tugas pencatatan serta penelitian secara langsung terhadap objek untuk mendapatkan data.
2.      Wawancara, mengajukan pertanyaan-pertanyaan atau tanya jawab langsung dengan pihak yang bersangkutan.
BAB II
PEMBAHASAN

2.1 SEJARAH
Koperasi kranggan adalah sebuah koperasi perdagangan pasar yang bergerak di bidang  jasa yang beranggotakan sebagian besar pedagang pasar kranggan dari masyarakat jatisampurna kota bekasi dan sekitarnya yang  mempunyai kaitan ekonomi.koopas kranggan di dirikan dengan tujuan bahwa pedagang pasar kranggan ingin memiliki lembaga ekonomi yang di miliki oleh para pedagang dengan harapan dapat membantu di bidang  permodelan sehinggs tercetus lah ingin membantu koperasi dengan naman “ KOPPAS KRANGGAN”.
Ketua Koppas Kranggan, Anim Imanudin mengatakan, bahwa Koppas Kranggan didirikan sejak 12 September 1987. Saat ini asetnya mencapai Rp 26 miliar dengan 400 orang anggota dan ribuan nasabah. Koppas Kranggan bergerak dalam bentuk simpan pinjam, bantuan permodalan, dan jual beli barang cash dan kredit.  Anim menjelaskan bahwa gedung tiga lantai yang baru saja diresmikan merupakan aset yang diperoleh dari keuntungan koperasi."Prinsip Koperasi adalah dari dan untuk anggota, sehingga maju atau mundurnya koperasi juga sangat ditentukan oleh peranserta anggotanya,"
Latar belakang berdirinya koprasi ini memang karena ingin membantu perekonomian masyarakat terutama para pedagang pasar kjranggan, koprasi ini merupakan koprasi simpan pinjam . adapun visi dari koperasi ini adalah memberdayakan koperasi dan pengusaha kecil sebagian pelaku ekonomi yg di arahkan untuk menciptakan struktur ekonomi yang kuat,maju,tangguh,dan mandiri di wilayah jatisampurna.dan misi dari koprasi ini adalah memperkokoh gerakan ekonomi rakyat agar dapat mempercepat proses kesejahteraan rakyat. Mitra usaha yang menguntungkan  menuju anggota sejatera. Memberdayakan koperasi agar mampu mengembangkan dirinya sendiri menjadi koperasi maju,mandiri dan bermanfaat bagi masyarkat dan anggota.
untuk membantu usaha kecil dalam mengembangkan usahanya , sehingga dengan adanya koprasi ini di harapkan dapat membantu masyarakat untuk lebih mengembangkan usahanya . koprasi ini berfungsi sebagai temat menyimpan dan meminjam uang bagi para pedagang atau masyarakat yang ingin mendapatkan modal  , dengan menjadi anggota di koprasi ini otomatis bisa melakukan penyimpanan atau pun peminjaman uang di koprasi ini , untuk menjadi anggota pun ada syaratnya , yaitu dengan mengaktifkan simpanan , pinjaman yang di berikan.
Anggota dalam kegiatannya merupakan sumber utama sebagai pelaku operasional koperasi , maka perlu ditingkatkan pelayanan dan kerjasama anggota. 

2.2 KEGIATAN KOPERASI
Koperasi Pasar Kranggan (KOPPAS) bergerak dalam usaha jasa yang dititik beratkan pada :
·         USP (Usaha Simpan Pinjam)
·         Penjualan Barang Elektronik
·         Furniture
·         Sepeda Motor
·         Dll.
Permodalan bersumber dari simpanan anggota dari pihak ketiga. KOPPAS kranggan dapat melayani pinjaman anggota maupun non anggota, baik harian mingguan ataupun bulanan sehingga kegiatan operasional usaha anggota terutama menjelang lebaran dapat berjalan dengan baik, dan ini semua tidak mungkin dilaksanakan tanpa kepercayaan masyarakat umum.

2.3 KEANGGOTAN KOPERASI
Pengurus sangat selektif dan hati-hati dalam menerima anggota. Keanggotaan KOPPAS kranggan tidak disusupi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang tujuannya hanya untuk memanfaatkan koperasi sebagai lahan yang mudah bagi mereka. Berdasarkan AD/ART KOPPAS Kranggan yang dapat diterima menjadi anggota KOPPAS Kranggan yaitu :
1.      Pedagang pasar aktif
2.      Memiliki kios/SPT/rumah tinggal sendiri
3.      Berdomisili tetap 2tahun
4.      Memilki KTP kec. Jatisampurna
5.      Anggota masyarakat yang memiliki pendapatan tetap
6.      Warga Negara RI yang telah berumur 17 tahun
7.      Telah menjadi nasabah Tabungan Cempaka dan Nasabah pinjaman sebanyak 3 kali serta dinyatakan benar.

2.4 KEPENGURUSAN / PENGAWAS
Pengurus KOPPAS Kranggan adalah orang – orang yang terpilih terdiri dari tiga orang pengurus harian, tiga orang pengawas, dan tiga orang penasehat.

2.5 PENATAAN ORGANISASI DAN SISTEM MANAJEMEN
Guna lebih menyempurnakan system manajemen koppas kranggan telah melakukan penyempurnaan organisasi dengan cara mengangkat seorang manajer sebagai perpanjangan tangan pengurus pelaksanaan operasial harian yang didukung oleh internal control (pengendalian interen) yang di pantau secara tertib dan berkesinambungan oleh pengurus / sekretaris pengurus serta di dukung penempatan job description yang sesuai dengan keahlian masing – masing ( karyawan)

2.6 HUBUNGAN DENGAN INSTANSI TERKAIT 
Hubungan dengan instansi terkait berjalan dengan baik, hal ini terbukti bahwa instansi tersebut telah membina Koppas Kranggan terutama di Bidang USAHA SIMPANPINJAM sehingga kita jadi salah satu penyalur USP terbaik dan sehat di Kota Bekasi serta mendapat predikat sebagai koperasi berprestasi ditingkat Nasioal.

2.7 PEMBAGIAN SISA HASIL USAHA 
Pembagian Sisa Hasil Usaha ( SHU ) kepada anggota telah sesuai dengan keptusan Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) serta berdasarakan Anggaran Dasar Koppas Kranggan.

BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Koperasi sebagai badan usaha dapat melakukan kegiatan usahanya sendiri seperti membuka usaha  dan dapat juga bekerja sama dengan badan usaha lain, seperti perusahaan swasta maupun perusahaan negara. Koperasi adalah kumpulan orang yang mempunyai tujuan yang sama yaitu bisa membantu, tolong menolong antara sesama anggota maupun non anggota. apabila tidak memiliki tujuan yang sama alhasil koperasi tersebut tidak berjalan dengan lancar dan koperasi bukan sekumpulan modal.


SUMBER : http://koppas-kranggan.co.id/
                  http://www.slideshare.net/Aburafika/contoh-laporan-observasi-lapangan









Tidak ada komentar:

Posting Komentar